@mastersthesis{eprints70689, month = {Maret}, title = {PENGEMBANGAN e-LKPD FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP XAVERIUS 4 BANDAR LAMPUNG KELAS VII}, school = {Universitas Lampung}, author = {RENI HAPSARI ELISABETH }, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/70689/}, abstract = {Berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi saat ini membantu guru dalam menyajikan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah e-LKPD. Tujuan penelitian meliputi (1) menganalisis potensi dan kondisi dikembangkannya media pembelajaran e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematka peserta didik; (2) menganalisis proses pengembangan e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematka peserta didik; (3) menganalisis karakteristik e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematka peserta didik; (4) menganalisis kemenarikan e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematka peserta didik; (5) menganalisis efektivitas media e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematka peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R\&D) dengan metode ADDIE. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, tes, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan kuantitafif dan kualitatif. Hasil analisis potensi dan kondisi di SMP Xaverius 4 Bandar Lampung perlunya pengembangan bahan ajar materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Pengembangan ini menghasilkan media e-LKPD flipbook materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Hasil validasi ahli media mendapat total skor 85,11\%, validasi ahli materi 81,94\%, dan validasi ahli desain 81,81\% dengan kriteria sangat layak. Hasil rekapitulasi kemenarikan diperoleh nilai rata-rata 86,24\% dengan kategori sangat menarik. Dan efektivitas penggunaan produk didapatkan nilai signifikan 0,00 {\ensuremath{<}} 005 terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan media e-LKPD flipbook untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.} }