TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints70692 UR - http://digilib.unila.ac.id/70692/ A1 - ANNISA , PRASETYO HENI Y1 - 2022/10/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SoC dan SE siswa teradap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPA SMA N 1 Terbanggi Besar yang berjumlah 7 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang masing masing terdiri dari 34 dan 33 siswa tahun ajaran 2019/2020. Desain yang dgunakan dalam penelitian ini yaitu Post-test only design. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji regresi linear tunggal tidak terdapat pengaruh antara SoC dengan HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,184 dan koefisien determinasi sebesar 0,034 yang ditafsirkan bahwa SoC hanya berkontribusi 3,4 % terhadap HOTS, dan tidak terdapat pengaruh antara SE terhadap HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,148 dan koefisien determinasi sebesar 0,022 yang dapat ditafsirkan bahwa SoC hanya berkontribusi sebesar 2,2 % terhadap HOTS dan berdasarkan hasil uji regresi linear berganda tidak terdapat pengaruh SoC dan SE terhadap HOTS dengan nilai korelasi sebesar 0,173 dan koefisien determinasi 0,030 yang dapat ditafsirkan bahwa SoC dan SE hanya berkontribusi sebesar 3,0% terhadap HOTS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh SoC dan SE terhadap HOTS dengan menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan WhatsApp. Keyword : Hukum Newton Tentang Gravitasi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, sense of community, self efficacy. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH SENSE OF COMMUNITY DAN SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI BERBANTUAN WHATSAPP AV - restricted ER -