TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints7072 UR - http://digilib.unila.ac.id/7072/ A1 - Hendi Prayogi, 0856011015 Y1 - 2014/12/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji image dan motivasi perempuan yang memilih bekerja sebagai SPG di Kota Bandar Lampung. Pekerjaan perempuan sebagai SPG (Sales Perempuan Girl) selama ini yang sering diasumsikan negatif oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan sifat pekerjaan yang ingin merebut hati calon pembeli, ini juga terlihat dari cara berpakaian SPG (Sales Perempuan Girl) yang terkadang cenderung dinilai negatif oleh masarakat. Namun bekerja sebagai SPG (Sales Perempuan Girl) masih merupakan pilihan bagi para perempuan muda belia pada zaman ini. Berbagai image dan motivasi menjelaskan kenapa hal ini terjadi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan pengamatan. Informan dipilih secara sengaja (purposive). Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data (display), dan tahap kesimpulan (verifikasi). Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Bandar Lampung khusunya di pusat keramaian yang umumnya terdapat SPG. Adapun hasil penelitian ini bahwa motivasi perempuan yang memilih bekerja sebagai SPG antara lain faktor uang, sebagai batu loncatan, mencari pengalaman dan hanya sebagai pekerjaan sementara, menjadi SPG bukanlah tujuan akhir dan cita-cita mereka. Image yang melekat kepada mereka cenderung negatif karena pakaiannya ketika berprofesi sebagai SPG terkadang terbawa dikehidupannya sehari-hari. Kata kunci : motivasi, image, perempuan, SPG (Sales Perempuan Girl) PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - IMAGE DAN MOTIVASI PEREMPUAN MENJADI SPG (Sales Promotion Girl) Di Kota Bandar Lampung AV - restricted ER -