%0 Generic %A DYANG , ESTU MEGA UTAMI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:70748 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PERAN KEMENTERIAN LUAR NEGERI REPUBLIK INDONESIA DALAM MENDUKUNG GASTRO DIPLOMASI SEBAGAI NATION BRANDING INDONESIA DI AMERIKA SERIKAT %U http://digilib.unila.ac.id/70748/ %X Dalam dinamika politik internasional peran diplomasi menjadi hal yang penting untuk mendukung pencapaian kepentingan nasional suatu negara. Peran Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) menjadi aktor penting dalam mendukung realisasi gastro diplomasi Indonesia di Amerika Serikat karena negara ini menjadi perhatian internasional sebagai negara multi kultur dan multi etnis dengan tingkat perkembangan perekonomian yang pesat. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab peran Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam mendukung gastro diplomasi Indonesia dalam meningkatkan nation branding di Amerika Serikat. Penelitian ini menggunakan konsep gastro diplomasi, nation branding dan keterkaitan gastro diplomasi dengan nation branding. Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan studi pustaka, dan dokumentasi. Teknis analisa data yang dijalankan meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi sesuai dengan konsepsi yang dikemukakan oleh Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran Kemenlu RI dalam mendukung gastro diplomasi Indonesia dalam meningkatkan nation diwujudkan secara sistematis untuk mendukung kepentingan nasional. Gastro diplomasi dijalankan melalui tiga hal, pertama, pemanfaatan pengembangan connecting people to people, dan Fresh Food Finance Initiative, kedua kerjasama dan promosi luar negeri melalui ITPC (Indonesian Trade and Promotion Centre), Culinary Food Scene, dan Spice Up The World. Ketiga, pemanfaatan masyarakat transnasional melalui beberapa event yang melibatkan masyarakat dalam event “Indonesian Days” dan beberapa event lainnya. Kata kunci: Kemenlu RI, Gastro Diplomasi, Amerika Serikat, Nation Branding In the dynamics of international politics, the role of diplomacy is important to support the achievement of a country's national interest. The role of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia is an important actor in supporting the realization of Indonesian gastro diplomacy in the United States because this country has received international attention as a multi-cultural and multi-ethnic country with a rapid level of economic development. This research is intended to answer the role of the Ministry of Foreign Affairs of the Republic of Indonesia in supporting Indonesian gastro diplomacy in improving nation branding in the United States. This study uses the concept of gastro diplomacy, nation branding and the link between gastro diplomacy and nation branding. The research methodology used in this research is descriptive qualitative with literature study collection techniques, and documentation. The technical analysis of the data carried out includes data condensation, data presentation and conclusion drawing or verification in accordance with the conception proposed by Huberman. The results of this study indicate that the role of the Indonesian Ministry of Foreign Affairs in supporting Indonesian gastro-diplomacy in improving the nation is realized systematically to support national interests. Gastro diplomacy is carried out through three things, first, utilizing the development of connecting people to people, and the Fresh Food Finance Initiative, secondly, cooperation and promotion abroad through ITPC (Indonesian Trade and Promotion Centre), Culinary Food Scene, and Spice Up The World. Third, the use of transnational communities through several events involving the community in the “Indonesian Days” event and several other events. Keywords: Indonesian Ministry of Foreign Affairs, Gastro Diplomacy, United States of America, Nation Branding