%A 1013023002 Desi Permata Sari %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES PADA MATERI LAJU REAKSI %X Abstrak Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model problem solving pada materi laju reaksi dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA N 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas yaitu XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA5. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 sebagai sampel penelitian. Efektivitas model pembelajaran problem solving ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir luwes siswa pada kelas eksperi-men sebesar 0,68 dan pada kelas kontrol sebesar 0,35. Hasil pengujian hipotesis (uji t) menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi laju reaksi efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa. Kata kunci: laju reaksi, kemampuan berpikir luwes, model problem solving %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7077