TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints70786 UR - http://digilib.unila.ac.id/70786/ A1 - SRI , WULANDARI KURNIA Y1 - 2023/03/31/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 308 siswa yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 sebanyak 32 siswa dan VIII-2 sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian pretest-posttest control group design. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model PBL lebih tinggi daripada kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci : pengaruh, kemampuan representasi matematis, problem based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -