%A 1013023025 ALI SUGANDI %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LAJU REAKSI %X Kemampuan berpikir lancar yang dimiliki siswa sangat rendah dikarenakan proses pembelajaran dominan dengan ceramah dan latihan soal sehingga membuat siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi laju reaksi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Teknik pemilihan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 dengan kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 sebagai sampel. Efektivitas model problem solving diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan berpikir lancar siswa un?tuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,63 dan 0,39. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi laju reaksi. Kata kunci : Model problem solving, Kemampuan berpikir lancar, laju reaksi %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7079