%A 1013079239 Mukti Takhir %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 REJOSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rejosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Rejosari dan guru mata pelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan Obsesrvasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa aktivitas belajar siswa kelas V SDN 1 Rejosari pada siklus I mencapai (56%) dan siklus II mencapai (78%), maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (22%). Hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 1 Rejosari pada siklus I mencapai (71%) dan siklus II mencapai (77%), maka terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar (6%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena dalam proses pembelajarannya siswa terlibat aktif dan kreatif. Kata Kunci: Model Inkuiri, Aktivitas dan Hasil belajar IPS. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints7081