creators_name: VANIA , AZALIA A creators_id: 1914131049 type: other datestamp: 2023-04-14 03:50:51 lastmod: 2023-04-14 03:50:51 metadata_visibility: show title: ANALYSIS OF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT AND PARTNERSHIP PATTERNS IN VEGETABLE ONLINE COMPANY (Case Study at Bejana.id) ispublished: submitted subjects: 330 full_text_status: restricted abstract: This study aims to analyze supply chain management, identify supply chain performance based on the estimation of average time and partnership patterns at Bejana.id, Bandar Lampung. The case study method was used to determine the location purposively. Data were collected using questionnaires in December 2022. The sample used purposive sampling, including one person from Bejana.id, six merchant partners, and nine farmer partners. The data analysis method applied for supply chain management and partnership pattern is qualitative, and supply chain management performance is Supply Chain Operation References (SCOR). The results indicated that (1) the Bejana.id supply chain includes farmer and merchant partners, Bejana.id, and B2B & B2C consumers, the flow of products, information, and money are efficient and have not found severe issues, (2) supply chain performance at the supplier partner level is an advantage in standardized products (SP) and parity in perfect order fulfilment (POF), and for the Bejana.id level get the advantage in standardized products (SP), (3) the partnership pattern between Bejana.id and farmer partners is the common trade pattern, and between Bejana.id and merchant partners is the agency pattern. Keywords: e-commerce, partnership, SCOR, supply chain, vegetables Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen rantai pasok, mengidentifikasi kinerja rantai pasok berdasarkan rata-rata waktu dalam menyelesaikan transaksi, dan pola kemitraan yang terjalin pada perusahaan Bejana.id, Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan ada studi kasus dengan penentuan lokasi secara sengaja. Data yang digunakan merupakan data pada bulan Desember 2022 dengan menggunakan bantuan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 16 responden, terdiri dari satu orang dari Bejana.id, enam orang mitra pedagang/agen, dan sembilan orang mitra petani yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan untuk manajemen rantai pasok dan pola kemitraan adalah deskriptif kualitatif, sedangkan kinerja rantai pasok menggunakan deskriptif kuantitatif dengan perhitungan Supply Chain Operation References (SCOR). Hasil penelitian ini menunjukkan (1) rantai pasok Bejana.id terdiri dari mitra petani dan mitra pedagang/agen sebagai pemasok, Bejana.id sebagai distributor, dan B2B & B2C sebagai konsumen. Aliran produk, uang, dan informasi sudah berjalan baik dan tidak menemukan kendala besar, (2) kinerja rantai pasok di tingkat mitra pemasok ada pada tingkat advantage untuk kesesuaian standar (KS) dan pemenuhan pesanan (PP) adalah parity, sedangkan pada tingkatan Bejana.id kesesuaian standar (KS) adalah advantage, (3) pola kemitraan antara Bejana.id and mitra petani adalah pola dagang umum, dan antara Bejana.id dengan mitra pedagang/agen adalah pola keagenan. Kata kunci: e-commerce, kemitraan, rantai pasok, sayuran, SCOR date: 2023-04-04 date_type: published publisher: FAKULTAS PERTANIAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 1914131049 citation: VANIA , AZALIA A (2023) ANALYSIS OF SUPPLY CHAIN MANAGEMENT AND PARTNERSHIP PATTERNS IN VEGETABLE ONLINE COMPANY (Case Study at Bejana.id). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. (Submitted) document_url: http://digilib.unila.ac.id/70834/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/70834/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/70834/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf