title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 02 KARANG TENGAH creator: RACHMA, SASTI subject: 370 Pendidikan description: Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap pemahaman nilai-nilai Pancasila pesera didik SMP Muhammadiyah 02 Karang Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMP Muhammadiyah 02 Karang Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang terdiri dari 30 responden kelas eksperimen dan 30 responden kelas kontrol. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwasanya terdapat perbedaan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang menerapkan model pembelajaran VCT (kelas eksperimen) dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT (kelas kontrol). Pemahaman nilai-nilai Pancasila peserta didik dikelas eksperimen dengan model pembelajaran VCT kategori cukup efektif sedangkan dikelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran VCT (konvensional) kategori tidak efektif. Kata Kunci: Model Pembelajaran VCT, Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-03-29 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70843/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70843/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/70843/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: RACHMA, SASTI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH 02 KARANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/70843/