%A SYAHRUDIN SYAHRUDIN %T Analisis Daya Saing Karet Alam Indonesia di Pasar Internasional %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor karet alam Indonesia di pasar internasional dari tahun 2009-2021. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Revealed Comparative Advantage (RCA), Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA) dan Export Competitiveness Index (ECI). Penelitian ini menggunakan data time series dengan objek penelitian karet alam Indonesia selama tahun 2009-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan karet Indonesia memiliki daya saing yang kuat di pasar internasional. Tingkat keunggulan komparatif ekspor karet alam Indonesia memiliki nilai yang tinggi di 9 negara tujuan ekspor utama. Tingkat keunggulan kompetitif Indonesia memiliki nilai yang berfluktuasi selama periode penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam membuat arah kebijakan terkait daya saing dan produktivitas karet alam Indonesia. Indonesia harus meningkatkan dan menjaga kualitas dan produktivitas karet alam Indonesia. Indonesia harus meningkatkan dan menjaga kualitas dan produktivitas karet alam Indonesia agar tetap bersaing di pasar internasional. Kata Kunci: Karet Alam, Ekspor, Daya Saing, Revealed Symmetric Comparative Advantage (RSCA), Export Competitiveness Index (ECI). %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1651021015 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints70953