creators_name: Septina, Sri Haryanti creators_id: 2123022010 type: thesis datestamp: 2023-04-18 01:21:10 lastmod: 2023-04-18 01:21:10 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXPRESSION UNTUK MENSTIMULUS SYSTEM THINKING DAN NUMERACY SKILLS PESERTA DIDIK PADA TOPIK OPTIKA ispublished: pub subjects: 500 subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang valid untuk menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada topik optika, serta kepraktisan dan efektivitas program pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Reaserch (DDR) dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase terhadap skor validitas dan kepraktisan, serta analisis statistik untuk efektivitas. Hasil analisis data menunjukkan program pembelajaran menggunakan model ExPRession valid untuk menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada topik optika dengan persentase 92.0%. Kepraktisan program pembelajaran memperoleh persentase 93.1% dengan kriteria sangat praktis, dan efektivitas memperoleh N-Gain 0.6 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang valid, yaitu meliputi silabus, RPP, e-LKPD, dan e-Handout yang diterapkan pada pembelajaran dengan tahapan orientasi, ekspresi, investigasi, evaluasi, dan generalisasi dengan aktivitas-aktivitas yang dapat menstimulus indikator system thinking dan numeracy skills; 2) Kepraktisan program pembelajaran menggunakan model ExPRession yang ditinjau dari segi keterlaksanaan, kemenarikan, dan keterbacaan, terkategori sangat praktis, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Fisika SMA, kelas XI semester genap, topik Optika; serta 3) Efektivitas program pembelajaran terkategori sedang, sehingga program pembelajaran mengunakan model ExPRession dinyatakan dapat menstimulus system thinking dan numeracy skills peserta didik pada Topik Optika. Kata kunci: model pembelajaran ExPRession, numeracy skills, program pembelajaran, system thinking. date: 2023-04-03 date_type: published institution: Universitas Lampung department: Magister Pendidikan Fisika thesis_type: masters citation: Septina, Sri Haryanti (2023) PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL EXPRESSION UNTUK MENSTIMULUS SYSTEM THINKING DAN NUMERACY SKILLS PESERTA DIDIK PADA TOPIK OPTIKA. Masters thesis, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/71010/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/71010/2/2.%20FILE%20TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/71010/3/3.%20FILE%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf