title: ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA creator: ZAHARA , MASKANAH subject: 370 Pendidikan subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis etnosains masyarakat di Kecamatan Gunung Agung, Kabupaten Tulang Bawang Barat yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA berbasis STEM pada materi sistem pencernaan pada manusia. Subyek penelitian ini adalah tokoh adat, masyarakat, dan pendidik IPA di kecamatan gunung agung. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data dalam penelitian berupa data kualitatif yaitu data hasil wawancara dan hasil identifikasi etnosains masyarakat Tulang Bawang Barat. Data kuantitatif berupa data hasil perhitungan angket semi tertutup dan angket tertutup. Teknik pengumpulan data dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi kepustakaan melalui pengumpulan informasi dari beberapa referensi. Studi lapangan melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas tiga tahapan yaitu, data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etnosains masyarakat Gunung Agung yaitu buah isem kembang sesuai dan layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi Sistem Pencernaan. Hasil penelitian ini dapat menjadi sumber informasi bagi pendidik bahwa etnosains buah isem kembang dapat dijadikan salah satu referensi sumber belajar IPA berbasis lingkungan pada materi sistem pencernaan pada manusia. Kata kunci: Sumber belajar IPA, STEM, Etnosains, Sistem pencernaan pada manusia publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-04-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71025/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71025/3/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71025/2/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ZAHARA , MASKANAH (2023) ANALISIS SUMBER BELAJAR ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/71025/