%A ANDRY AGUSTINUS Ramlan Ginting %T PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMPN 1 NATAR LAMPUNG SELATAN %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pemanfaatan media Gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas deskriptif sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20 responden. Teknik pokok pengumpulan data dengan menggunakan angket dan teknik penunjangnya adalah dengan menggunakan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan yang menggunakan rumus Chi kuadrat bahwa x2 hitung lebih besar dari x2 tabel, (x2 hit ? x2 tab), yaitu 16,73 ? 9,49 pada taraf signifikan 5% (0,05) dan taraf signifikan 1% (0,01) diperoleh x2 hitung lebih besar dari x2 tabel, (x2 hit ? x2 tab), yaitu 16,73 ? 13,3 dengan derajat kebebasan = 4 yakni dengan kontigensi 0,55 dan koefisien kontigen Cmaks = 0,816 terletak pada keeratan pengaruh diatas 0,56 (kategori tinggi). Sehingga dari hasil pengujian tersebut diketahui bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media gambar cetak terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Kesimpulannya adalah ada pengaruh pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII G pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan. Kata Kunci : ?Pemanfaatan Media Gambar, Hasil Belajar?. %C Universitas Lampung %D 2014 %I FKIP %L eprints711