%A SURYANI NABILA %T HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI SE-GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIRO HUSODO KECAMATAN METRO BARAT %X Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya efikasi diri peserta didik dan kecerdasan interpersonal yang kurang baik serta hasil belajar tematik peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri Se-Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Populasi berjumlah 96 orang peserta didik dengan teknik penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling atau sampling jenuh yaitu teknik pengambilan sampel apabila semua populasi digunakan sebagai sampel. Jenis penelitian ex post facto korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar tematik ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,803 berada pada taraf ?sangat kuat". Kata kunci: efikasi diri, hasil belajar tematik, kecerdasan interpersonal. The problem in this study was the lack of self-efficacy of students and poor interpersonal intelligence and low thematic learning outcomes of students. The purpose of this study was to determine a significant self-efficacy and interpersonal intelligence with thematic learning outcomes of grade four students at SD Negeri Wahidin Sudiro Husodo Metro Barat District. The population is 96 students with the technique of determining the sample using non-probability sampling or saturated sampling, namely the sampling technique when the entire population is used as a sample. This type of research is ex post facto correlation. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires and documentation studies. The data collection instrument is a questionnaire with a likert scale that has been tested for validity and reliability while data analysis uses product moment correlation and multiple correlation. The results showed that there was a positive and significant relationship between self-efficacy and interpersonal intelligence with thematic learning outcomes indicated by a correlation coefficient of 0.803 at the "very strong" level. Keywords: interpersonal intelligence, learning outcomes thematic, self-efficacy. %D 2023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 1913053005 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints71106