%0 Thesis %9 Masters %A DWI, KURNIAWATI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:71124 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 1923021016 %T PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REVERSIBLE THINKING SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/71124/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar LKPD untuk meningkatkan kemampuan reversible thinking siswa, serta menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan LKPD yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah Borg dan Gall. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Limau Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2021/2022. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, tes kemampuan reversible thinking, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar LKPD yang dikembangkan terkategori valid (layak digunakan) berdasarkan penilaian validator ahli media dan materi. Selain itu, LKPD yang dikembangkan juga terkategori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan dari guru matematika. Berdasarkan pengujian hipotesis dan proporsi, LKPD tersebut dapat meningkatkan kemampuan reversible thinking, namun belum efektif karena proporsi siswa yang memiliki kemampuan reversible thinking yang terkategori baik tidak lebih dari 60% dari jumlah siswa. Kata kunci: Bahan Ajar LKPD, Kemampuan Reversible Thinking