?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+FACILITATOR+AND+EXPLAINING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERBICARA+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+DI+SEKOLAH+DASAR&rft.creator=Tiara%2C+Farashinta&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=Masalah+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+keterampilan+berbicara+dan+motivasi+belajar+peserta+didik+kelas+V+SD+Negeri+1+Bumirejo.+Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mendeskripsikan+dan+menganalisis+adanya+pengaruh+yang+signifikan+penerapan+model+pembelajaran+student+facilitator+and+explaining+terhadap+keterampilan+berbicara+dan+motivasi+belajar+peserta+didik.+Jenis+penelitian+ini+adalah+penelitian+kuantitatif+dengan+pendekatan+eksperimen.+Desain+penelitian+yang+digunakan+yaitu+non-equivalen+control+grup+design.+Populasi+penelitian+berjumlah+40+orang+peserta+didik.+Teknik+pengambilan+sampel+penelitian+menggunakan+sampling+jenuh.+Teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan+teknik+tes+dan+nontes.+Teknik+analisis+data+menggunakan+uji+regresi+sederhana+dan+uji+statistik+t-test+sparated+varians.+Hasil+uji+regresi+sederhana+menunjukkan+pada+nilai+keterampilan+berbicara+Fhitung+%3D+9%2C62+%E2%89%A5+Ftabel+%3D+4%2C41+sedangkan+pada+nilai+motivasi+belajar+Fhitung+%3D+5%2C99+%E2%89%A5+Ftabel+%3D+4%2C41+dan+rata-rata+N-Gain+untuk+keterampilan+berbicara+menunjukkan+antara+pretest+dan+posttest+kelompok+eksperimen+yaitu+0%2C54+dengan+kategori+%E2%80%9CTinggi%E2%80%9D+dan+rata-rata+N-Gain+antara+pretest+dan+posttest+kelompok+kontrol+yaitu+0%2C41+dengan+kategori+%E2%80%9CSedang%E2%80%9D.+Selisih+N-Gain++kedua+kelompok+yaitu+0%2C13+dan+rata-rata+N-Gain+untuk+motivasi+belajar+menunjukkan+antara+pretest+dan+posttest+kelompok+eksperimen+yaitu+0%2C80+dengan+kategori+%E2%80%9CTinggi%E2%80%9D+dan+rata-rata+N-Gain+antara+pretest+dan+posttest+kelompok+kontrol+yaitu+0%2C53+dengan+kategori+%E2%80%9CSedang%E2%80%9D.+Selisih+N-Gain+kedua+kelompok+yaitu+0%2C17.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+peningkatan+keterampilan+berbicara+dan+motivasi+belajar+di+kelompok+eksperimen+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelompok+kontrol.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+motivasi+belajar%2C+keterampilan+berbicara%2C+model+pembelajaran+student+facilitator+and+explaining%2C+pengaruh.&rft.publisher=FKIP&rft.date=2023-04-06&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71128%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71128%2F2%2FSKRIPSI%2520TIARA%2520FARASHINTA%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71128%2F3%2FSKRIPSI%2520TIARA%2520FARASHINTA%2520TANPA%2520PEMBAHASAN..pdf&rft.identifier=++Tiara%2C+Farashinta++(2023)+PENGARUH+PENGGUNAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+STUDENT+FACILITATOR+AND+EXPLAINING+TERHADAP+KETERAMPILAN+BERBICARA+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+PESERTA+DIDIK+KELAS+V+DI+SEKOLAH+DASAR.++FKIP%2C+Universitas+Lampung+.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71128%2F