%0 Generic %A Kunci , Rahayu %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71152 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 1 TOTOKATON %U http://digilib.unila.ac.id/71152/ %X Permasalahan pada penelitian ini adalah peserta didik yang belum mampu membaca saat pembelajaran di kelas, kesulitan mengidentifikasi huruf dan merangkai susunan huruf, mengeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, tidak mejmahami isi bacaan, dan sulit konsentrasi. Kesulitan tersebut menjadi kendala pendidik saat melaksanakan pembelajaran di dalam kelas maupun kegiatan PTS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik, faktor yang melatarbelakangi serta solusi untukmengatasi kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 1 Totokaton Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik, pendidik dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SD N 1 Totokaton. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I yaitu kesulitan mengingat huruf, kesulitan mengetahui huruf vokal, kesulitan mengetahui huruf konsonan. Kesulitan lainnya seperti peserta didik belum mampu membaca saat pembelajaran di kelas maupun kegiatan PTS, kesulitan merangkai susunan huruf, mengeja terbata-bata, mengucapkan kata salah, tidak memahami isi bacaan, sulit konsentrasi, melakukan pembenaran kata sendiri. Tidak hanya itu, ada pula peserta didik yang terkendala pada alat bicara Kata Kunci : Kemampuan Membaca, Peserta Didik, Kelas Rendah