TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints71204 UR - http://digilib.unila.ac.id/71204/ A1 - SANDIKO , DARMAWAN Y1 - 2023/04/14/ N2 - Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi saat ini telah memberikan banyak manfaat dalam kemajuan di berbagai aspek kehidupan, tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Namun, beberapa satuan pendidikan seperti SMK Kartikatama 1 Kota Metro belum mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan augmented reality pada materi jaringan nirkabel. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Langkah-langkah model pengembangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan 4D (four-D) yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan sebanyak 25 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli dan lembar angket kemenarikan dan kemudahan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil penilaian ahli materi mendapat hasil sebesar 3,68, ahli media mendapat hasil sebesar 3,63 dengan kategori valid, 2) Hasil penilaian kemenarikan mendapat hasil sebesar 3,37, penilaian kemudahan mendapat hasil sebesar 3,35 dengan kategori sangat menarik dan mudah. Berdasarkan temuan penelitian, hal tersebut mengindikasikan bahwa media pembelajaran berbantuan augmented reality yang telah dikembangkan oleh peneliti telah sesuai dan tepat guna untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, jaringan nirkabel, R&D PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI JARINGAN NIRKABEL AV - restricted ER -