%0 Thesis %9 Masters %A JICARDO , JICARDO %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:71226 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/71226/ %X Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik di SD N 1 Sumberejo. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk modul berbasis Problem Based Learning yang layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir Tingkat Tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), Pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Gugus 2 kecamatan Kemiling kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian dan diperoleh sebanyak 40 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji paired t-test dengan hasil perhitungan nilai sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 di kelompok eksperimen dan kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahan modul tematik berbasis PBL layak dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Modul, Problem Based Learning. The problem of this research originates from the results of the needs analysis on student learning. This study aims to produce a product based on Problem Based Learning that is feasible and effective in improving students' Higher Order thinking skills. This research is a type of Research and Development (R&D) research, the development is carried out according to the theory of Borg & Gall. The population of this study were fifth grade students at SD Cluster 2, Kemiling sub-district, Bandar Lampung city. The research sample was determined by purposive sampling technique in accordance with the research objectives and obtained as many as 40 students. The data collection tool uses valid and reliable test instruments. The data analysis technique used the paired t-test with a calculated value of 0.000 or less than 0.05 in the experimental and control groups. Based on this research, it can be concluded that PBL-based thematic module materials are effective in increasing students' higher-order thinking skills (HOTS). Keywords: Higher Order Thinking Skills, Modules, Problem Based Learning.