%0 Generic %A ARI , AMANDA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71243 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN KOMIK STRIP BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023) %U http://digilib.unila.ac.id/71243/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik strip berbasis masalah kontekstual dalam pembelajaran saintifik terhadap kemampuan numerasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Koba Kabupaten Bangka Tengah tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 252 siswa yang terdistribusi ke dalam 7 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B dan VII-D yang masing masing terdiri dari 36 siswa yang terpilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa median data skor peningkatan kemampuan numerasi siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik menggunakan media komik strip lebih tinggi daripada median data skor peningkatan kemampuan numerasi siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik tanpa media komik strip. Dengan demikian, penggunaan media komik strip berbasis masalah kontekstual dalam pembelajaran saintifik berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa. Kata kunci : kemampuan numerasi siswa, komik strip, pengaruh This quasi-experimental research aims to determine the influence of contextual problem-based comic strip media in scientific learning on students' numeracy abilities. The population in this study is 7th-grade students of SMP Negeri 1 Koba, Bangka Tengah Regency of the 2022/2023 academic year; as many as 252 students are distributed into 7 classes heterogeneously. The samples in this study were students of classes VII-B and VII-D, each of which consisted of 36 students selected by the purposive sampling technique. The design used is the pretestposttest control group design. Based on the results of the Mann-Whitney U test, it was obtained that the score of the numeracy skills of students who participated in scientific learning using comic strip media is higher than the median score data for improving numeracy skills of students who participated in scientific learning without comic strip media. Thus, using contextual problem-based comic strip media in scientific learning affects students' numeracy skills. Keywords : comic strip, influence, students' numeracy skills