%A DAROJATUN MULYA TANIA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri 11 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe make a match dengan media kartu gambar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu ekperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi berjumlah 59 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh berjumlah 59 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model kooperatif tipe make a match dengan media kartu gambar yang ditunjukkan dengan Fhitung (62,42) > Ftabel (4,21) serta thitung (4,81) > ttabel (2,048) diperoleh bahwa model kooperatif tipe make a match dengan media kartu gambar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD N 11 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar matematika, make a match, kartu gambar. %D 2023 %C Universitas Lampung %R 1913053017 %I Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan %L eprints71259