@misc{eprints71299, month = {Mei}, title = {EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN SISWA MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG}, author = { CHANDRA ARIANEGARA RABBY}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/71299/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan smartphone sebagai alat bantu pembelajaran siswa memahami materi pembelajaran di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i SMA Negeri 5 Bandar Lampung yang berjumlah 32 responden. Teknik sampling yang digunakan ialah proposional random sampling, yaitu cara pengambilan sampel dilakukan dengan menyeleksi setiap unit sampling yang sesuai dengan ukuran unit sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase dan pengujian hipotesis dengan chi-square diolah dengan menggunakan SPSS Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, sebagian besar responden mempunyai penggunaan smartphone baik yang berjumlah 23 responden (50,0\%) dan sebagian besar responden mempunyai proses pembelajaran yang tidak baik berjumlah 19 responden (59,4\%). Berdasarkan hasil uji statistik, didapatkan p-value 0,021 atau p-value{\ensuremath{<}} 0,05 yang artinya terdapat efektivitas penggunaan smartphone dengan proses pembelajaran siswa di SMA Negeri 5 Bandar Lampung. Responden diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kewarganegaraan dan dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengembangkan penggunaan smartphone terhadap proses pembelajaran pada siswa/i SMA yang ada di lingkungan setempat Kata Kunci: Penggunaan Smartphone, Proses Pembelajaran Siswa} }