@misc{eprints713, month = {September}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL TEMATIK DENGAN PEMBERIAN TUGAS DI KELAS SATU SDN 1 GEDONG MENENG RAJABASA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011}, author = {NGATMINI }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2011}, url = {http://digilib.unila.ac.id/713/}, abstract = {Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran terpadu model tematik dengan pemberian tugas di kelas satu SDN 1 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung 2010/2011. Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran terpadu dengan metode pemberian tugas harian dalam peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran terpadu dengan metode tematik dengan pemberian tugas di kelas satu SDN 1 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar pada pembelajaran terpadu model tematik dengan pemberian tugas di kelas satu SDN 1 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, obserpasi, dan refleksi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas 1 SDN 1 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 18 orang siswa terdiri dari 6 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang signifikan siswa kelas 1. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data yang menunjukan adanya peningkatan prosentase aktifitas belajar siswa pada siklus 1, adanya peningkatan siklus 2 dan siklus 3 aktifitas belajar siswa prosentasenya meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat peningkatan aktifitas belajar pada pembelajaran terpadu model tematik dengan pemberian tugas di kelas satu SDN 1 Gedong Meneng Rajabasa Bandar Lampung 2010/201. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah kepada guru yang melakukan pembelajaran terpadu model tematik dengan pemberian tugas hendaknya sering menggunakan metode pemberian tugas agar dapat membantu meningkatkan kemampuan dalam pembelajran tersebut.} }