title: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN creator: AYU , SOFIANA subject: 607 Pendidikan, riset, topik terkait description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Metode dalam penelitian ini yaitu metode quasy eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah 1 Natar. Sampel penelitian ini berjumlah 63 responden yang terdiri dari 32 responden kelas eksperimen dan 31 responden kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi sebagai teknik pokok dan angket sebagai teknik penunjang. Teknik penghitungan data menggunakan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil observasi pada kelas eksperimen diperoleh adanya pengaruh penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn dengan presentase 83,74% yang dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendengarkan penjelasan guru, menyelesaikan teka-teki silang dan menyimpulkan materi pembelajaran. Hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran crossword puzzle terhadap partisipasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil angket antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan partisipasi belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran crossword puzzle dengan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Crossword Puzzle, Partisipasi Belajar. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2023-04-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71313/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71313/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71313/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: AYU , SOFIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE (TEKA-TEKI SILANG) TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PPKN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/71313/