TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints71325 UR - http://digilib.unila.ac.id/71325/ A1 - Indira , Monica Azzahra Y1 - 2023/04/12/ N2 - Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Pancasila terhadap Sikap Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Pringsewu. Menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas SMA Negeri 1 Pringsewu yang berjumlah 87 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara. Serta teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan Microsoft Excell dan SPSS v26. Kompetensi sosial guru Pendidikan Pancasila berpengaruh sebesar 42,5% terhadap sikap sosial peserta didik di SMA Negeri 1 Pringsewu . Dengan adanya pengaruh positif tersebut, maka berarti bahwa kompetensi sosial guru Pendidikan Pancasila yang meliputi bersikap inklusif, objektif, serta tidak diskriminatif, berkomunikasi secara efektif dan santun, serta mampu beradaptasi di tempat bertugas memiliki peran terhadap sikap sosial peserta didik. Sikap tersebut antara lain, jujur terhadap diri sendiri dan orang lain, santun dalam perkataan maupun perbuatan, dan peduli lingkungan. Sikap-sikap tersebut menunjukan sikap yang dipengaruhi oleh kompetensi sosial dalam penelitian ini dengan persentase dipengaruhi serta 57,5% sikap sosial peserta didik dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Kompetensi Sosial, Sikap Sosial, Pendidikan Pancasila PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PRINGSEWU AV - restricted ER -