title: PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN DI MTS DARUL ULUM BATU RAJA creator: Gita, Puspaningrum subject: 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus subject: 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas metode mind mapping terhadap pemahaman konsep keberagaman peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ulum Batu Raja pada bulan Januari-Februari 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 peserta didik yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test dan menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000, terlihat bahwa Sig. < 0,05, sehingga Ha diterima yang artinya metode Mind Mapping berpengaruh terhadap pemahaman konsep keberagaman peserta didik, dan dapat menstimulus peserta didik agar tertarik dalam mempelajari konsep keberagaman, hal ini didasarkan pada uji N-Gain kelas eksperimen adalah sebesar 71,8% yang berarti metode pembelajaran Mind Mapping cukup efektif digunakan pada materi keberagaman. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Keberagaman publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2023-04-11 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71378/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71378/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71378/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Gita, Puspaningrum (2023) PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN DI MTS DARUL ULUM BATU RAJA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/71378/