%0 Generic %A SYFA, NUR AZIZAH %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71383 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T INTERAKSI MANUSIA DENGAN ALAM DALAM NOVEL ULID KARYA MAHFUD IKHWAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMA %U http://digilib.unila.ac.id/71383/ %X Penelitian ini membahas interaksi manusia dengan alam dengan indikator berupa nilai-nilai kearifan lingkungan dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi manusia dengan alam dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA. Metode penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini yakni novel Ulid karya Mahfud Ikhwan. Data penelitian berupa kata dalam kalimat, paragraf berupa cerita atau dialog, dan kalimat menurut kategori atau jenis kearifan lingkungan. Teknik pengumpulan dan teknik analisis data yang digunakan, yaitu teknik penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara manusia dengan alam dalam novel Ulid karya Mahfud Ikhwan dalam wujud nilai-nilai kearifan lingkungan. Wujud interaksi tersebut berupa perilaku positif dan negatif. Nilai-nilai kearifan lingkungan pada novel Ulid karya Mahfud Ikhwan diimplikasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMA pada capaian pembelajaran membaca dan memirsa. Hasil analisis nilai kearifan lingkungan pada novel tersebut, diintegrasikan pada salah satu sub materi mata pelajaran bahasa Indonesia kelas X yakni Menyusuri Nilai dalam Cerita Lintas Zaman. Adapun nilai-nilai yang terdapat pada sub materi tersebut yakni nilai pendidikan, nilai sosial, nilai religius, dan nilai moral. Implikasi nilai-nilai tersebut dapat dilihat dalam bentuk perangkat pembelajaran berupa modul ajar. Kata kunci: kearifan lingkungan, novel, dan pembelajaran Bahasa Indonesia