@misc{eprints71384, month = {April}, title = {NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL KADO TERBAIK KARYA J. S. KHAIREN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA}, author = {CAHYANA NUR }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/71384/}, abstract = { Penelitian ini fokus pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen dan implikasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen dan data dalam penelitian menggunakan data dialog dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data berupa analisis teks dengan tahapan teknik scanning, teknik menandai, teknik mencatat, teknik mengelompokkan, mendeskripsikan dan menyajikan data, pengimplikasian, serta menyajikan simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menyajikan 15 indikator nilai-nilai pendidikan karakter dengan jumlah 87 data. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan muncul dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen adalah nilai religius. Data yang paling sedikit ditemukan pada indikator nilai menghargai prestasi. Data yang tidak ditemukan dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen meliputi nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, dan nilai gemar membaca. Hasil penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Kado Terbaik karya J. S. Khairen dapat dirancang sebagai materi tambahan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas melalui penyusunan Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas XII semester genap dengan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9 Merancang novel dan novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, dan pembelajaran sastra } }