@misc{eprints71386, month = {Mei}, title = {HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN SEPUTIH AGUNG}, author = {YOLANDA DHEA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/71386/}, abstract = {Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Seputih Agung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 60 peserta didik, karena populasi kurang dari 100 peserta didik maka seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen pengumpul data angket dengan skala likert. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,575 berada pada taraf cukup kuat dengan kontribusi variabel X1, X2, terhadap Y sebesar 33\%. Hal ini berarti kebiasaan belajar dengan perhatian orang tua memberi pengaruh sebesar 33\% terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait hubungan kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Seputih Agung. Kata kunci: kebiasaan belajar, perhatian orang tua, hasil belajar matematika.} }