TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints71395 UR - http://digilib.unila.ac.id/71395/ A1 - FITYA , ASIH HUMAIROH Y1 - 2023/04/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, pengenalan lapangan persekolahan dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan survey dan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 257 mahasiswa aktif Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah probability sampling dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 72 Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus slovin. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan melalui uji t dan pengujian secara simultan dilakukan melalui uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh baik secara simultan atau parsial antara kecerdasan emosional, pengenalan lapangan persekolahan dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh Fhitung = 23,367 dan Ftabel = 2,74 yang berarti bahwa Fhitung > Ftabel dengan kadar determinasi sebesar 0,508 atau 50,8% dan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Pengenalan Lapangan Persekolahan , Efikasi Diri, dan Kesiapan Menjadi Guru PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -