creators_name: Hanania Ayu, Widya creators_id: 1913053004 type: other datestamp: 2023-05-24 08:16:29 lastmod: 2023-05-24 08:16:29 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS kurikulum merdeka pada peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPAS kurikulum merdeka pada peserta didik kelas IV SDN 2 Perumnas Way Halim. Metode dalam penelitian ini adalah quasieksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 89peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu dengan jumlah 59 peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPAS kurikulum merdeka pada peserta didik kelas IV SDN 2 Perumnas Way Halim. Kata Kunci : discovery learning, hasil belajar IPAS, kurikulum merdeka date: 2023-04-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: Universitas Lampung citation: Hanania Ayu, Widya (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KURIKULUM MERDEKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/71420/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/71420/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/71420/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf