%0 Generic %A YOLANDA, POLA KREDIBELIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71427 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN KONDISI EKONOMI KELUARGA DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/71427/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas V di SD Negeri se-gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kondisi ekonomi keluarga dan lingkungan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 86 peserta didik dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kondisi ekonomi keluarga dan lingkungan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci: hasil belajar, kondisi ekonomi, lingkungan belajar