TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints71431 UR - http://digilib.unila.ac.id/71431/ A1 - GUSTI AYU, PUTU ARDANI Y1 - 2023/05/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Uji regresi linier penggunaan model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur dan uji regresi linier penggunaan model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur. Perbedaan penggunaan model pembelajaran make a match dan teams games tournament menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan teams games tournament terhadap hasil belajar muatan IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 5 Metro Timur, kedua model tersebut sama-sama baik dalam meningkatkan hasil belajar. Kata kunci :hasil belajar,make a match, teams games tournament. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -