title: HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KELURAHAN BANJARSARI KECAMATAN METRO UTARA creator: Adelia Intan, Utami subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Penelitian ini menitikberatkan kepada masalah kondisi lingkungan dan kemandirian serta rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan kondisi lingkungan dengan hasil belajar matematika, kemandirian dengan hasil belajar matematika, kondisi lingkungan dengan kemandirian serta kondisi lingkungan dan kemandirian bersama-sama dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri Kelurahan Banjarsari Kecamatan Metro Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian berjumlah 113 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling sehingga sampel berjumlah 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisoner (angket) serta studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,575 berada pada taraf “cukup kuat”. Kata kunci : kondisi lingkungan, kemandirian, hasil belajar. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2023-05-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71439/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71439/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71439/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Adelia Intan, Utami (2023) HUBUNGAN KONDISI LINGKUNGAN DAN KEMANDIRIAN DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KELURAHAN BANJARSARI KECAMATAN METRO UTARA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/71439/