%0 Generic %A SHINTIA, SASMIA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71454 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/71454/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo Kecamatan Metro Barat yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan faktor minat baca. Faktor pemanfaatan sumber belajar perpustakaan yaitu sumber belajar perpustakaan belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Faktor minat baca yaitu rendahnya minat baca peserta didik kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan minat baca dengan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV. Metode penelitian ini adalah ex–post facto korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 83 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 83 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan minat baca dengan hasil belajar muatan Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,943 berada pada taraf “sangat kuat”. Kata Kunci : hasil belajar, minat baca, perpustakaan