TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints71503 UR - http://digilib.unila.ac.id/71503/ A1 - ANNISA , SALSABILA SYAHPUTRI Y1 - 2023/05/08/ N2 - Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebanyak 33 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain korelasional sebab akibat (cause and effect ). Data Penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari skala kemandirian belajar siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan materi koordinat Kartesius. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear sederhana. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci : Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Gunung Sugih Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -