TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints71527 UR - http://digilib.unila.ac.id/71527/ A1 - Kartika Dwi, Wahyuning Y1 - 2023/05/05/ N2 - Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Utara. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen (pre-eksperimen design). Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan jenis teknik sampling purposive dan populasi sebanyak 75 orang peserta didik dengan sampel sebanyak 27 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 1 Metro Utara. Kata kunci : matematika, model problem based learning, pemecahan masalah PB - Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR AV - restricted ER -