creators_name: Nuria Fiani, 0713024041 creators_id: Rhea.yasha@gmail.com type: other datestamp: 2015-02-20 07:40:11 lastmod: 2015-02-20 07:40:11 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI BENDA ispublished: pub subjects: LB subjects: LB1501 full_text_status: restricted abstract: Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran think-pair-share terhadap hasil belajar siswa di SMP YBL Natar. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretest dan posttest kelompok ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa N-gain yang dianalisis melalui uji anova dan uji U. Hasil penelitian menunjukkan TPS meningkatan hasil belajar siswa secara signifikan dengan rata-rata N-gain yaitu 51,09. Rata-rata N-gain pada indikator yang mengalami peningkatan yaitu C1 14,37 dan indikator C4 sebesar 2,72. Aktivitas siswa pada kelas eksperimen untuk semua aspek memperoleh rata-rata 85,26% dengan kriteria tinggi. Selain itu, sebagian besar siswa (86,29%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran think-pair-share. Abstract This study aimed to determine the effect of using learning model think-pair-share to students learning outcomes of junior high school YBL Natar. This study was quasi-experimental study with pretest and posttest design equivalent groups. Samples were students of class VII A and VII D that were selected by purposive sampling of the population. This research data were quantitative and qualitative. Quantitative data were N-gain analyzed by ANOVA test and U test. Results showed TPS can improved students learning outcomes with the average N-gain is 51,09. The average N-gain on indicator has increased 14,37 for C1 and C4 indicators 2,72. Activity of students in experimental class for all aspects had average 85,26% with high criteria. In addition, most of the students (86,29%) gave a positive response to think-pair-share learning model. date: 2014-12-30 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Nuria Fiani, 0713024041 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KLASIFIKASI BENDA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/3/COVER%20DEPAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/6/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/8/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/9/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/10/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/11/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/13/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/18/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7154/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf