@misc{eprints71543, month = {Mei}, title = {PENGARUH PROPOSISI NILAI TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK PAKAIAN PADA KONVEKSI PT VENDOR INDONESIA DI INDONESIA}, author = {DZAKI MUZHAFFAR FARIS}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/71543/}, abstract = {Setiap perusahaan memiliki ciri khas masing-masing dalam menawarkan proposisi nilainya kepada para konsumen, salah satunya yang dilakukan oleh PT Vendor Indonesia. Sebelum menawarkan produknya ke konsumen, PT Vendor Indonesia telah menganalisis pasar terlebih dahulu, terkait pengalaman konsumen dalam menggunakan konveksi, mereka mengatakan bahwa ketika menggunakan jasa konveksi untuk kebutuhan pakaian seperti membuat kaos, jaket, kemeja lapang, dan lainnya, beberapa kali mendapatkan permasalahan dari segi kualitas produk yang tidak baik, ketidaksesuaian pesanan, konveksi yang tidak bertanggungjawab, pembuatan project yang tidak tepat waktu, dan masalah lainnya dari konveksi sebelumnya yang pernah mereka gunakan. Berdasarkan permasalahan tersebut, PT Vendor Indonesia memberikan solusi melalui proposisi nilai yang ditawarkan perusahaan kepada konsumen seperti dari segi nilai fungsional, nilai ekonomis, nilai emosional, dan nilai simbolis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh proposisi nilai terhadap niat pembelian konsumen pada konveksi PT Vendor Indonesia. Niat pembelian merupakan tindakan yang berupa hasrat atau keinginan dan dilakukan sebelum melakukan proses pembelian. Proposisi nilai adalah untuk menciptakan setiap segmen konsumen yang berbeda dengan menghubungkan elemen penting yang dibutuhkan setiap segmen. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa yang mengetahui konveksi PT Vendor Indonesia atau yang pernah melakukan pembelian pada konveksi PT Vendor Indonesia, dengan total 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel proposisi nilai yang terdiri dari nilai fungsional, nilai ekonomis, nilai emosional, dan nilai simbolis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian konsumen, artinya nilai nilai konsumen yang ditawarkan mempengaruhi tinggi ? rendahnya niat pembelian produk pada PT Vendor Indonesia. Nilai fungsional juga terbukti menjadi proposisi nilai yang memiliki nilai signifikansi tertinggi dalam mempengaruhi niat pembelian. Kata kunci: proposisi nilai, nilai fungsional, nilai ekonomis, nilai emosional, nilai simbolis, niat pembelian.} }