title: PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V creator: CYNDI , OLIVIA subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL yang valid, praktis serta efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan merujuk pada teori R&D Borg and Gall. Populasi penelitian ini adalah sekolah yang berada di Gugus Ahmad Yani Kecamatan Sukabumi Bandar Lampung. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 2 Campang Raya. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan deskriptif presentase untuk validasi ahli dan praktisi, dan analisis kuantitatif dengan program rasch untuk validitas dan reliabilitas serta program SPSS untuk menguji efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis CTL yang dikembangkan valid dan praktis digunakan berdasarkan hasil validasi ahli serta hasil angket respon pendidik dan peserta didik. Hasil uji NGain dan paired sample t-test memperoleh nilai signifikan <0,05. Hasil tersebut menunjukkan LKPD berbasis CTL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Berpikir Kritis, CTL, LKPD This reseach and development aims contextual-based teaching materials that are valid, practical and effective in improving students' critical thinking skills fifth grade elementary school students. Type of research and development used refers to the theory of R&D Borg and Gall. The population of this research is schools located in the Ahmad Yani Cluster, Sukabumi, Bandar Lampung. The sample of this research is the fifth grade students of SDN 2 Campang Raya. Data collection techniques in the form of documentation, questionnaires and tests. Data analysis used qualitative analysis with descriptive percentage for expert and practitioner validation, and quantitative analysis with Rasch program for validity and reliability and SPSS program to test effectiveness. The results of this study indicate that the contextual-based teaching materials that were developed are valid and practical to use based on the results of expert validation and the results of the questionnaire responses of educators and students. The results of the N-Gain test and paired sample t-test obtained a significant value <0.05. These results show that contextualbased teaching materials are effective in improving the critical thinking skills of fifth grade elementary school students. Keywords: teaching materials, Critical Thinking, contextual-based teaching. date: 2023-04-18 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71581/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71581/2/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/71581/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: CYNDI , OLIVIA (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS V. Masters thesis, UNVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/71581/