%0 Generic %9 Other %A Eldi , Ridho Akmal %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:7172 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PERBANDINGAN MODEL JIGSAW DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN %U http://digilib.unila.ac.id/7172/ %X Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Negeri 1 kedondong Kabupaten Pesawaran dan bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang lebih tinggi antara pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT pada materi pokok sistem pencernaan. Desain penelitian adalah pretes-postes kelompok pembanding. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa, diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model NHT meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,43 ± 0,08. Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C2, C3, C4 dan C5) dengan rata-rata N-gain pada indikator C2 sebesar 0,57 ± 0,16; indikator C3 sebesar 0,25 ± 0,10; indikator C4 sebesar 0,44 ± 0,16; indikator C5 sebesar 0,44 ± 0,22. Rata-rata aktivitas belajar siswa semua aspek seperti bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok, mengemukakan ide/ pendapat dan mempresentasikan hasil diskusi kelompok pada kelas NHT yaitu 59,03 ± 1,84 dengan kriteria sedang, pada kelas Jigsaw 53,70 ± 3,28 berkriteria rendah. Dengan demikian, model pembelajaran NHT berpengaruh signifikan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem pencernaan. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Jigsaw, NHT, sistem pencernaan