?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1813021006&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU+DARI+PEMAHAMAN+KONSEP+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+25+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023)++&rft.creator=ANISA+%2C+YUNIAR&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=510+Matematika&rft.description=%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0A%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+efektivitas+model+problem+based+learning+ditinjau+dari+pemahaman+konsep+matematis+siswa.+Populasi+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+SMP+Negeri+25+Bandar+Lampung+semester+ganjil+tahun+pelajaran+2022%2F2023+sebanyak+310+siswa+yang+terdistribusi+ke+dalam+sembilan+kelas+secara+heterogen.+Sampel+dalam+penelitian+ini+ada+2+kelas+yang+masing-masing+terdiri+dari+34+dan+35+siswa+dipilih+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.+Desain+yang+digunakan+adalah++pretest-posttest+control+group+design.+Data+penelitian+ini+berupa+data+kuantitatif+yang+diperoleh+dari+tes+pemahaman++konsep++matematis.++Analisis++data++menggunakan++uji++kesamaan++dua+rata-rata+dan+uji+proporsi.+Hasil+penelitian+diperoleh+bahwa+rata-rata+pemahaman+konsep+matematis+siswa+yang+menggunakan+model+PBL+lebih+tinggi+dari+yang+menggunakan+pembelajaran+konvensional+dan+proporsi+diperoleh+bahwa+siswa+yang+memiliki+pemahaman+konsep+matematis+terkategori+baik+pada+kelas+yang+mengikuti+pembelajaran+dengan+model+PBL+lebih+dari+60%25+dari+banyaknya+siswa+yang+menggunakan+pembelajaran+dengan+model+PBL+Dengan+demikian%2C+pembelajaran+yang+menggunakan+model+PBL+efektif+ditinjau+dari+pemahaman+konsep+matematis+siswa.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+efektivitas%2C+problem+based+learning%2C+pemahaman+konsep+matematis%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2023-04-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71756%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71756%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71756%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ANISA+%2C+YUNIAR++(2023)+EFEKTIVITAS+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+DITINJAU+DARI+PEMAHAMAN+KONSEP+MATEMATIS+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+SMP+Negeri+25+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2022%2F2023).++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F71756%2F