TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints71756 UR - http://digilib.unila.ac.id/71756/ A1 - ANISA , YUNIAR Y1 - 2023/04/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 310 siswa yang terdistribusi ke dalam sembilan kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini ada 2 kelas yang masing-masing terdiri dari 34 dan 35 siswa dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis. Analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model PBL lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran konvensional dan proporsi diperoleh bahwa siswa yang memiliki pemahaman konsep matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL lebih dari 60% dari banyaknya siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model PBL Dengan demikian, pembelajaran yang menggunakan model PBL efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, problem based learning, pemahaman konsep matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 25 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -