%0 Generic %A SUKATI, 1113109043 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:7178 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD SISWA KELAS IV SDN 3 SUKADADI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN %U http://digilib.unila.ac.id/7178/ %X PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn TEMA BERBAGAI PEKERJAAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI STAD SISWA KELAS IV SDN 3 SUKADADI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN Oleh SUKATI Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn melalui model pembelajaran kooperatif STAD di SD Negeri 3 Sukadadi Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I rata-rata penilaian sikap 58,82% dan siklus II rata-rata sikap 81,37%. Penilaian pengetahuan siklus I rata-rata 64,70% dan Siklus II ratarata 86,87%. Penilaian keterampilan siklus I rata-rata 63,72% dan Siklus II ratarata 86,87%. Pada siklus I rata-rata hasil belajar 68,82 dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,47 atau naik 7,65 poin. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci: kooperatif STAD, hasil belajar