TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints71828 UR - http://digilib.unila.ac.id/71828/ A1 - FEBRI, SETIAWAN Y1 - 2023/05/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran interaktif materi perakitan komputer kelas X Teknik Komputer Jaringan (TKJ) berbasis aplikasi nearpod yang telah dikembangkan oleh Rahmawati (2022) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Desain penelitian quasi-experiment design bentuk nonequivalent control group dengan melibatkan 40 siswa kelas X TKJ di SMK Budi Karya Natar. Instrumen yang digunakan angket skala motivasi belajar, tes pilihan ganda untuk hasil belajar kognitif, dan lembar penilaian ujian praktikum untuk hasil belajar psikomotorik. Teknik pengumpulan data dengan pemberian pretest dan posttest yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil penelitian menggunakan uji Independent Sample T-test, bahwa motivasi belajar, hasil belajar kognitif, dan hasil belajar psikomotorik di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar dengan nilai effect size motivasi belajar 2,908, hasil belajar kognitif 3,357, dan hasil belajar psikomotorik 1,458 dengan kategori besar. Melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod pada materi perakitan komputer menunjukkan peserta didik termotivasi dengan baik untuk meningkatkan keaktifan, pemahaman materi dan meningkatkan hasil belajar siswa di ranah kognitif dan psikomotorik. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI PERAKITAN KOMPUTER KELAS X TKJ BERBASIS APLIKASI NEARPOD TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK BUDI KARYA NATAR AV - restricted ER -