%0 Generic %A Yohana Fransiska, Pramudita Putri %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71836 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023) %U http://digilib.unila.ac.id/71836/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran collaborative problem solving ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 4 Xaverius Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII E dengan berjumlah 56 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis materi teorema pythagoras. Hasil penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan representasi matematis akhir siswa pada pembelajaran collaborative problem solving lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran konvensional; (2) Proporsi siswa pada pembelajaran collaborative problem solving yang memiliki kemampuan representasi matematis minimal terkategori sedang lebih dari 60%; (3) Model pembelajaran collaborative problem solving efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Pada penelitian selanjutnya diperlukan adanya penjabaran tahapan model pembelajaran dalam LKPD agar kegiatan pembelajaran terlaksana dengan runtut dan maksimal. Kata Kunci: collaborative problem solving, efektivitas, kemampuan representasi matematis