%0 Generic %A NADILA PEBRI , MADITA UTAMI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:71844 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T KARAKTERISASI PENOKOHAN NOVEL DEBU DALAM ANGIN KARYA PRATIWI JULIANI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %U http://digilib.unila.ac.id/71844/ %X Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan karakterisasi penokohan dalam Novel Debu Dalam Angin karya Pratiwi Juliani dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan, mendeskripsikan data secara kualitatif, yaitu menggunakan kata-kata. Metode pengumpulan data menggunakan teknik baca, catat dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya karakterisasi penokohan yang dilakukan dengan metode langsung (telling) dan tidak langsung (showing) dalam Novel Debu Dalam Angin karya Pratiwi Juliani terdapat karakter penolong, peduli terhadap orang lain, kreatif, berpikir kritis, tidak suka mengganggu orang lain, suka berbagi, mandiri, baik hati, dan rajin. Karakter penokohan tersebut sesuai dengan pengembangan karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, meliputi bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, dan kreatif. Hasil penelitian akan diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pembelajaran dilakukan berdasarkan kurikulum merdeka pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), yaitu fase F yang sesuai dengan sejumlah karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik yang didasarkan pada Profil Pelajar Pancasila. Kata kunci: karakterisasi penokohan, metode karakterisasi tokoh, implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indonesia