@misc{eprints71860, month = {Maret}, title = {EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023)}, author = {ISNA FADHILAH FARHAH }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2023}, url = {http://digilib.unila.ac.id/71860/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 185 siswa yang terdistribusi ke dalam enam kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data kuantitatif diperoleh melalui tes, data dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji proporsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Proporsi siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis terkategori baik pada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning lebih dari 60\%. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: discovery learning, efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis.} }