creators_name: Linda Asrina, 1013024081 creators_id: linda.asrinaina@gmail.com type: other datestamp: 2015-02-20 03:55:37 lastmod: 2015-02-20 03:55:37 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENGUNAAN LKS BERBENTUK WORD SQUARE MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Talang Padang Tahun Pelajaran 2013/2014) ispublished: pub subjects: LB1501 subjects: QR full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi dan observasi di kelas X SMA Negeri 1 Talang Padang, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS word square terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-u. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa selama proses pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKS word square melalui media video berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata Ngain 50.25. Untuk ranah kognitif tidak signifikan pada C4, C5, C6. Hasil aktivitas siswa menunjukkan bahwa penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria baik yaitu 79,81 % hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu melihat dan memperhatikan video berkriteria baik (78,21%); mendengarkan penjelasan guru berkriteria baik (78,85%); diskusi dan mengerjakan LKS berkriteria baik (79,49%); mempresentasikan kegiatan kelompok berkriteria baik (82,69%). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS berbentuk word square melalui media video berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok ekosistem. Kata kunci : Hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, LKS word square, Msedia video date: 2015-02-12 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other related_url_type: pub citation: Linda Asrina, 1013024081 (2015) PENGARUH PENGUNAAN LKS BERBENTUK WORD SQUARE MELALUI MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Talang Padang Tahun Pelajaran 2013/2014). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/4/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/6/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/9/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/8/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/10/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/11/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/12/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/15/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/16/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/17/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/108/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/7199/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf